Penyebab Penyakit Gonore Pada Pria

penyebab penyakit gonorePenyebab penyakit gonore adalah penyakit menular seksual ( PMS ). Anda mendapatkannya dari berhubungan seks dengan seseorang yang terinfeksi dengan penyakit tersebut.

Gonore biasanya menyebabkan rasa sakit dan gejala lainnya di saluran kelamin Anda, tetapi juga dapat menyebabkan masalah pada rektum, tenggorokan, mata , atau persendian.

Baik pria maupun wanita bisa mendapatkannya, meski pria mendapatkannya lebih sering daripada wanita. Seksual Transmitted Deseases (STD) atau Infeksi Menular Seksual (IMS) ini berasal dari bakteri yang disebut Neisseria gonorrhoeae.

Penyebab penyakit gonore disebarkan melalui hubungan seks, pria tidak harus melakukan ejakulasi untuk menyebarkannya kepada pasangan. Anda bisa mendapatkan gonore dari jenis kontak seksual, termasuk:

  1. Hubungan seksual vagina
  2. Hubungan seks dubur
  3. Hubungan badan dengan gaya oral

Sama perihalnya dengan bakteri atau kuman, kamu bisa dapatkan bakteri penyebab gonore hanya dari menyentuh daerah yang terinfeksi pada orang lain.

Jika Anda bersentuhan dengan penis, vagina, mulut atau anus dari orang yang mengalami bakteri ini, Anda bisa terkena gonore. Kuman atau bakteri ini tidak bisa bertahan hidup lebih dari beberapa detik di luar tubuh manusia atau penderita.

Jadi Anda tidak bisa mendapatkan Seksual Transmitted Deseases (STD) ini dengan menyentuh benda-benda seperti kursi toilet atau pakaian. Tapi wanita yang memiliki gonore dapat menyebarkan penyakit ini ke bayi mereka selama persalinan melalui vagina.

Bayi yang lahir dari proses Caesar atau persalinan dengan melalui pembedahan klinik pandawa jakarta di mana irisan dilakukan di perut ibu dan rahim untuk mengeluarkan bayi tidak bisa mendapatkannya dari ibu mereka.

Pencegahan Gonore Penyebab Penyakit Gonore

Satu-satunya cara pasti untuk tidak terkena gonore adalah dengan tidak melakukan hubungan seks atau melakukan pengobatan gonore pada pria.

Anda juga memiliki risiko lebih rendah jika Anda dalam hubungan seksual jangka panjang dengan hanya satu orang dan Anda adalah satu-satunya pasangan mereka.

Anda bisa mengurangi kemungkinan terkena gonore dengan melakukan seks aman, dan dengan melakukan pemeriksaan rutin. Risiko gonore Anda lebih tinggi jika Anda:

  1. Muda
  2. Melakukan hubungan seks dengan pasangan baru
  3. Melakukan hubungan seks dengan seseorang yang berhubungan seks dengan orang lain
  4. Miliki banyak pasangan seks
  5. Pernah menderita gonore sebelumnya
  6. Pernah mengalami PMS lain

Ada beberapa langkah spesifik yang bisa Anda ambil untuk menjaga diri dari penyebab penyakit gonore, antara lain:

  1. Gunakan kondom
    • Kondom membantu melindungi Anda dari PMS. Kondom bertindak sebagai penghalang dan mencegah bakteri menginfeksi Anda. Pembedahan sperma atau pembedahan kecil yang dilakukan untuk mengumpulkan sperma dari vas deferens, epididimis atau testis tidak akan mencegah Anda terkena gonore.
  2. Minta pasangan seksual anda diuji
    • Tanyakan apakah mereka telah diskrining untuk gonore. Apabila belum, didiskusikan mengenai bagaimana untuk uji coba. Hindari berhubungan badan dengan pengidap yang terdapat gejala kencing nanah atau gonore.
  3. Pemutaran reguler gett
    • Dengan perawatan yang tepat, penyakit gonore bisa disembuhkan. Akan tetapi satu perawatan yang berhasil belum tentu akan melindungi Anda seumur hidup. Anda harus terus melakukan hubungan seks dengan aman agar tidak mendapatkannya lagi.