penyebab keputihan berlebihPenyebab Keputihan Berlebih

Penyebab keputihan berlebih timbul akibat pengaruh hormonal dalam tubuh wanita. Cairan keputihan sebenarnya kondisi normal dialami oleh seluruh wanita.

Namun keputihan yang berlebihan dengan gejala lain itu akan menjadi sesuatu yang tidak normal. Adapun penyebab keputihan berlebihan disebabkan kondisi hormone didalam tubuh.

Cairan keputihan seorang wanita menjadi tanda mengenai kondisi kesehatan organ reproduksinya. Cairan keputihan pun sebenarnya menjadi pelumas alami saat berhubungan seks.

Banyak wanita yang cemas mengenai penyebab keputihan berlebih menyerang. Adapun beberapa penyebab keputihan berlebihan yang normal, antara lain:

  1. Saat menyusui
    • Ketika seorang wanita sedang dalam masa menyusui, frekuensi cairan keputihan yang keluar pun sangat berlebih. Terkadang hal ini pun menyebabkan wanita merasa cemas, karena hal tersebut merupakan kondisi normal pada tubuh wanita. Namun jika keputihan yang terjadi diiringi dengan warna yang berbeda, maka anda pun harus mengatasinya.
  2. Saat hamil
    • Keputihan yang berlebihan pun terkadang muncul saat anda memasuki masa awal kehamilan. Dimana keputihan tersebut disebabkan oleh kadar hormone prostegeron yang cukup banyak sehingga menimbulkan keputihan keluar secara berlebihan.
  3. Saat berhubungan seks
    • Keputihan yang berlebihan pun akan keluar lebih banyak saat melakukan hubungan seks. Cairan keputihan tersebut akan menjadi pelumas alami untuk penis pasangan saat melakukan penetrasi, sehingga mudah masuk kedalam vagina.

Tiga hal itulah penyebab keputihan berlebih, namun ketiga hal itu adalah kondisi jenis jenis keputihan wanita berlebih yang terjadi secara normal. Namun ada beberapa kondisi yang menyebabkan cairan keputihan keluar secara berlebihan karena adanya infeksi jamur pada tubuh anda.

Penyebab Keputihan Berlebih Tidak Normal

  1. Infeksi jamur
    • Infeksi jamur candida albians yang cukup banyak disekitar organ reproduksi dapat menyebabkan infeksi pada jamur. Keputihan yang disebabkan oleh jamu ini juga ditandai dengan warna kuning seperti keju. Jika anda mengalami hal tersebut, maka sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan kepada dokter untuk mengetahui hal tersebut.
  2. Penyakit kanker serviks
    • Keputihan yang disertai dengan timbulnya gumpalan dan juga berwarna merah yang disebabkan karena cairan keputihan bercampur dengan darah menjadi salah satu penyebab keputihan yang menandai anda mengalami kanker serviks. Untuk lebih mengetahui kondisi tersebut, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan kepada tim medis agar mengetahui secara dini kondisi yang anda alami tersebut.
  3. Penyakit menular seksual
    • Selain karena kanker serviks, jika anda sudah tertular virus atau bakteri penyebab infeksi menular seksual maka anda pun akan mengalami kondisi keputihan. Dimana kondisi infeksi menular seksual dapat menyebabkan keluarnya cairan keputihan wanita normal secara berlebihan dengan timbulnya bau dan juga terkadang menimbulkan rasa gatal pada vagina.

Mencegah Keputihan Yang Tidak Normal

  1. Selalu mengganti celana dalam
    • Kondisi celana dalam yang lembab akan menyebabkan masuknya bakteri dan jamur. Bakteri dan jamur tersebut akan menyebabkan anda mengalami kondisi keputihan yang secara berlebihan, sebaiknya slelau ganti celana dalam jika sudah merasa tidak nyaman.
  2. Selalu mengganti pembalut
    • Saat anda menstruasi, usahakan anda melakukan pergantian pembalut setiap empat hingga enam jam sekali. Jangan biasakan darah menstruasi anda selalu menumpuk pada pembalut, dan anda tidak menggantinya dengan segera.
  3. Tidak menggunakan panty liner
    • Gunakanlah panty liner saat perlu saja. Jangan menggunakan panty liner secara terus menerus untuk menghindari keputihan yang berlebihan.
  4. Jangan terlalu sering menggunakan sabun pembersih vagina
    • Sabun pencuci vagina yang digunakan terlalu sering hanya menyebabkan bakteri baik pada vagina akan mati dan tidak dapat melindungi vagina dari bakteri jahat.
  5. Selalu menjaga kebersihan vagina
    • Usahakan anda selalu menjaga kebersihan pada vagina. Dengan selalu membersihkan vagina dengan air setelah melakukan buang air besar maupun buang air kecil.

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca artikel mengenai penyebab keputihan berlebih disitus klinik pandawa jakarta kami.